Personalized Assessment, memberi kebebasan pada siswa
Siswa diberi kebebasan dalam metode menyampaikan hasil pembelajarannya. Proses penilaian bukan hanya persoalan mengerjakan soal dalam kertas ulangan, ataupun kelancaran presentasi yang dilakukan. Namun guru melihat keseluruhan proses pembelajaran dari awal hingga saat presentasi dilakukan. Bagaimana aplikasinya dalam Homeschooling KITA?
Setelah melalui siklus Inquiry sampai tahap reflecting and acting, siswa akan diminta untuk menyampaikan hasil pembelajarannya selama ini. Ini adalah kegiatan di setiap akhir tema di Homeschooling KITA. Kegiatan ini menjadi asesmen siswa, Personalized Assessment.
Proses penyampaian akan sesuai dengan pilihan siswa. Seperti, paper based, video, poster, presentasi, diorama dan sebagainya. Setiap siswa memiliki kebebasan metode yang digunakan, dengan syarat harus memenuhi beberapa kisi-kisi dan keyword yang harus dibahas. Guru akan mendikusikan kisi-kisi yang minimal harus di bahas oleh para siswa. Selanjutnya siswa dapat menyesuaikan proses asesmen sesuai dengan pilihannya mengembangkan sendiri.
Beberapa siswa Homeschooling KITA memilih paper based, atau ujian tertulis seperti sekolah pada umumnya. Namun ada juga yang lebih nyaman menjelaskan pembelajaran dengan video yang dibuat sendiri. Jenis video pun bisa beragam, seperti Video liputan berita, Short Movie, Iklan, Interview hingga bentuk Iklan layanan Masyarakat. Tanpa adanya sekat dan syarat yang banyak ternyata siswa sangat menikmati proses pembuatan asesmen video mereka.
Poster dan diorama akan dibuat siswa sesuai dengan kisi-kisi dan keyword yang harus dibahas. Sering sekali bentuk poster siswa hanya berisi gambar, mulai dari gambarnya sendiri atau mencari gambar di google. Diorama dibuat siswa dengan bahan yang dimilikinya. Siswa juga dapat memilih untuk membuat presentasi melalui PowerPoint, ataupun presentasi manual di papan tulis.
Bentuk asesmen presentasi, diorama, poster, dan video akan dipresentasikan di dalam kelas. Siswa akan menjelaskan hasil asesmen yang dibuat, durasi akan disesuaikan dengan materi dan banyaknya siswa dalam kelas. Yang terpenting harus sesuai kriteria, memiliki keyword yang wajib dan kisi-kisi yang harus dibahas.
Secara tidak langsung, kegiatan personalized assessment telah membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan managemen diri. Mulai dari memilih metode asesmen, membuat asesmen, hingga proses presentasi. Asesmen yang dilakukan bukan sekedar untuk mendapatkan nilai. Tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan siswa.
Monicka
Parenting Enthusiast - Homeschooling KITA