Kegiatan dan Strategi dalam tahap Reflecting and Acting dan Evaluating

 

Setelah melawati empat tahap di Inquiry Learning Cycle, siswa sudah memiliki informasi dan pengetahuan baru. Lalu apa lagi yang akan menjadi fokus pada tahapan selanjutnya. Berikut merupakan penjelasan mengenai kegiatan siswa dalam tahap kelima dan enam di Inquiry Learning Cycle.

 

 

Reflecting and Acting

 

Siswa akan terlibat langsung dalam tugas yang menjadikan proses pembelajaran menjadi sebuah tindakan/ aksi. Tindakan ini mungkin bersifat individu atau kolaboratif. Siswa juga meninjau, merevisi dan merefleksikan apa dan bagaimana mereka telah belajar. Siswa akan terlibat dalam tugas-tugas yang memberikan penarikan kesimpulan dari perjalanan inquiry sekaligus menyadari bahwa pertanyaan baru bisa saja muncul dan penyelidikan lebih lanjut sangat mungkin terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana siswa berbagi kesadaran mereka tentang bagaimana cara mereka belajar.

 

Student Led Conference merupakan salah satu implementasi dalam merefleksi dan beraksi mengenai pembelajaran yang telah terlaksana. Bagaimana siswa dapat membagikan pengalaman, pengetahuan dan informasi yang didapat selama menjalani tahap-tahap Inquiry sebelumnya.

 

Personalized assessment menjadi proyek personal siswa dalam merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Siswa akan mendesain informasi dan pengetahuan yang didapat sesuai dengan metode penyampaian mereka. Setiap siswa mungkin akan berfokus pada hal yang berbeda dan menggunakan metode yang berbeda, yang akan sesuai dengan pemahaman dan cara mengkomunikasikan mereka.

 

Skills yang diasah, Thinking skills, social emotional skills, communication skils, entrepreneur skills, research skills

 

 

Evaluating

 

Evaluasi dilakukan oleh siswa dan guru, siswa akan meninjau pembelajaran yang telah usai, merefleksi proses pembelajaran dan perjalanan Inquiry, dan pengetahuan apa yang telah bertambah setelahnya. Siswa akan melihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan akan bertuju pada pemahaman sepanjang hayat.

 

Selain itu siswa juga akan melihat proses yang dapat diperbaiki, apakah proses dalam menyampaikan ide, berunding ataupun proses internal yang terjadi dalam diri siswa.

 

Sementra guru akan menambahkan dalam tahap evaluasi. Guru akan melihat bagaimana pemahaman, keterampilan, dan perilaku siswa yang semakin membaik dan apa yang perlu diperhatikan lebih lanjut kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Monicka
Parenting Enthusiast - Homeschooling KITA