Kegiatan dan Strategi dalam Tahap Sorting Out dan Going Further

 

 

Setelah pada tahap satu dan dua siswa difokuskan untuk mencari informasi, pada tahap selanjutnya akan berfokus pada memproses informasi yang didapat.

Berikut penjelasan mengenai kegiatan dan strategi Inquiry Learning Cycle yang digunakan di Homeschooling KITA.

 

 

Sorting Out

 

 

Tahap dua berfokus pada proses pencarian individu setiap siswa, siswa akan melaksanakan pencarian sesuai dengan metode yang dipilih. Pada tahap ketiga, Sorting Out, siswa akan memaparkan hasil pencarian mereka. Secara bersama-sama mereka akan menganalisa dan berbagi penemuan mereka.

 

Siswa akan berbicara, berbagi, merespon, dan memproses lebih lanjut informasi yang telah didapat di tahap Finding Out. Mereka bisa menggunakan seni, bahasa, grafik, drama, musik dan berbagai metode dalam memproses dan menanggapi informasi yang mereka miliki.

 

Setelah mendapat berbagai informasi baru dari siswa lain, mereka akan mengungkapkan pemahaman baru yang lebih dalam tentang konsep. Pertanyaan baru pun dapat bermunculan dengan informasi yang berdatangan. Sehingga proses mencerna dan mengembangkan informasi ini terus berlanjut.

 

Siswa akan berbagi temuan dan informasi yang didapatkan dan juga mendengarkan temuan dan informasi orang lain. Selain itu siswa akan membuat grafik data untuk menyortir dan mempresentasikan pemikiran tentang topik tersebut. Kegiatan ini juga dapat menggunakan foto untuk catatan dan anggapan visual dan tertulis.

 

Secara tidak langsung siswa akan memahami persepektif orang lain, meninjau kembali pencarian mereka dan bagaimana pemikiran kita dapat berubah sesuai dengan informasi yang bertambah. Siswa dapat mencocokan hubungan sebab akibat hingga membandingkan dengan hal lain. Membuat teks digital, seperti blog, excel, powerpoint, dll. Visualisasi dari apa yang sudah diketahui siswa akan membantu untuk menyortir dan membangun koneksi antar informasi.

 

Skills yang diasah dalam tahap Sorting Out, Thinking Skills, Social Skills, Emotional Skills, Communication Skills, Entrepreneur Skills, Research Skills.

 

 

 

Going Further

 

 

Setelah dibimbing oleh guru pada dua tahap sebelumnya. Pada tahap ke empat, guru akan lebih banyak melepaskan tanggung jawab kepada siswa dan mendampingi saja. Siswa akan mengerjakan proyek/investigasi yang lebih mandiri dan fokus pada aspek penyelidikan yang mereka butuhkan untuk mencari tahu lebih banyak. Siswa akan menerapkan beberapa keterampilan yang telah mereka pelajari selama proses sebelumnya.

 

Wonderwall dalam tahap tuning in bisa menjadi awal siswa menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan mereka. Siswa juga menindaklanjuti pertanyaan baru, membuat grup penyelidikan, membandingkan pengalaman, tugas penelitian difokuskan pada pertanyaan atau minat yang tidak terjawab di tahap sebelumnya.

 

Guru akan menyediakan worksheet yang akan membantu siswa untuk dapat mencari tahu lebih jauh. Homeschooling KITA juga memfasilitasi Outing Class yang membuat siswa dapat melihat, menyelidiki dalam lingkup yang lebih luas dan merasakan pengalaman nyata.

 

 

Skills yang terlatih, Thinking Skills, Social Skills, Emotional Skills, Communication Skills, Entrepreneur Skills, Research Skills.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Monicka
Parenting Enthusiast - Homeschooling KITA