Kegiatan dan Strategi dalam Tahap Tuning In dan Finding Out
Parents mungkin bertanya bagaimana cara untuk melaksanakan proses pembelajaran pada tahap-tahap yang ada dalam Inquiry Learning Cycle. Pada tulisan ini akan dijelaskan kegiatan dalam kelas dan strategi yang digunakan di Homeschooling KITA.
Tuning In
Tahap pertama Inquiry Learning Cycle yang berfokus pada membangun ketertarikan siswa akan dimulai dengan guru yang membuat stimulant melalui berbagai aktivitas dalam menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Ketika siswa mulai tertarik dengan topik pembelajaran mereka akan mulai mengajukan pertanyaan, menghubungkan topik/masalah tersebut dengan kehidupan mereka, serta mencari yang akan mereka pelajari lebih lanjut dan belajar untuk dilakukan.
Ide-ide yang muncul pada tahap ini bersifat sementara dan kemungkinan akan berubah selama proses perjalanan Inquiry berlangsung. Wonderwall akan menjadi visualisasi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para siswa. Sedangkan Wordwall digunakan untuk mengumpulkan istilah atau kata yang baru muncul.
Di dalam kelas, guru akan mengajak siswa untuk membuat pemetaan konsep, brainstorming, eksplorasi gambar dan video yang sesuai dengan tema, membicarakan/ menulis pengalaman siswa yang relevan dengan topik, menampilkan pertanyaan konsep yang dibuat guru untuk memancing pertanyaan lanjutan dari para siswa.
Dalam tahap satu ini, siswa sudah melatih Thinking Skills, Social Skills, Emotional Skills, Communication Skills, Entrepreneur Skills, Research Skills.
Finding Out
Setelah memaparkan topik dan membantu siswa untuk melihat topik secara luas, pada tahap kedua guru akan membimbing siswa dalam proses perencanaan dan penelitian informasi baru.
Meskipun guru membimbing dalam proses perencanaan dan penelitian, namun siswa yang akan memilih berbagai metode untuk mencari informasi, apa yang mereka lakukan akan tergantung bagaimana mereka akan mencari tahu.
Dalam tahap ini, siswa akan bereksperimen, mensurvei, mencari di Internet, mengirim email ke para ahli, bertanya ke orang tua/ orang yang memiliki pemahaman mengenai topik, mendengarkan podcast, membangun pertanyaan dan mendeskripsikan istilah baru, membaca sumber bacaan yang relevan, kegiatan pada tahap ini akan berfokus untuk mencari sebanyak-banyaknya informasi yang relevan dengan topik pembelajaran.
Selain mencari dengan berbagai metode, siswa harus merekam dan mencatat informasi yang didapat. Mereka melakukan ini dengan cara mereka, melalui tulisan, gambar, merekam video ataupun audio. Sehingga mereka dapat secara langsung memproses informasi yang didapat dan mengarsipkannya sehingga mereka dapat merujuk kembali ketika mereka mengambil pemikiran mereka lebih dalam.
Skills yang terlatih dalam tahap Finding Out adalah, Thinking Skills, Social Skills, Emotional Skills, Communication Skills, Entrepreneur Skills, Research Skills.
Monicka
Parenting Enthusiast - Homeschooling KITA