Pengaplikasian Inquiry Learning Cycle di Homeschooling KITA
Homeschooling KITA telah menggunakan pendekatan Inquiry dalam pembelajaran di kelas. Selama pembelajaran berlangsung siswa akan senantiasa memiliki pertanyaan akan topik dan tema pembelajaran yang ada. Tentu saja ini adalah hal baik yang kita inginkan. Lalu bagaimana penerapan Inquiry Learning Cycle di Homeschooling KITA?
INQUIRY LEARNING CYCLE
Tuning In
Tahap pertama dalam siklus Inquiry berfokus pada pengenalan topik pembelajaran yang akan di bahas. Dengan mengenalkan garis besar topik pembelajaran, siswa akan melihat gambaran luas dan melihat tujuan dalam topik tersebut. Guru akan memotivasi dan membangun minat siswa, dengan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan, pemikiran, pengetahuan hingga perasaan siswa mengenai topik tersebut. Tahap ini dilakukan dengan semenarik mungkin, sehingga rasa ingin tahu siswa muncul dengan sendirinya.
Finding Out
Selanjutnya tahap kedua, Finding out, seperti namanya tahap ini akan dilakukan proses mencari tahu, kegiatan ini akan dipandu oleh guru dan difasilitasi untuk mencari sumber riil selain sumber dari internet. Kegiatan mencari tahu akan dimulai dengan menjawab pertanyaan yang muncul di tahap sebelumnya.
Guru akan membimbing siswa dalam mengatur dan mengelola proses mencari informasi. Setiap siswa akan mencari informasi sehingga akan mendapatkan hasil yang berbeda. Proses diskusi akan terbentuk karena setiap siswa memiliki informasi yang berbeda dan beragam. Hal ini membuat setiap siswa akan mendapatkan informasi baru.
Siswa akan bertumbuh rasa ingin tahu melalui pengalaman dan informasi baru. Selain itu siswa akan mempelajari cara merekam informasi yang dikumpulkan secara efesien dengan bimbingan guru.
Sorting Out
Setelah memiliki berbagai informasi baru yang didapatkan, dalam tahap ketiga, siswa mulai dapat melihat jawaban atas setiap pertanyaan dalam tahap satu. Pemahaman anak mulai muncul setelah mendapatkan informasi yang telah dikumpulkan. Informasi yang didapat juga dapat memperbaiki informasi yang sebelumnya salah dalam pemikiran awal. Siswa akan menafsirkan proses komunikasi dan penerimaan informasi dengan orang lain. Selain itu dengan informasi baru siswa akan memiliki pemikiran baru.
Going Further
Pencarian informasi tidak berhenti hanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang terjawab. Siswa akan diajak untuk melakukan investigasi lebih lanjut mengenai informasi yang didapat di tahap ke-empat. Homeschooling KITA memfasilitasi siswa dengan outing class yang sesuai dengan tema pembelajaran. Outing class ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk bekerja lebih mandiri dalam mencari tahu lebih lanjut.
Dalam Outing Class, siswa akan terdorong untuk memiliki pertanyaan-pertanyaan lanjutan mengenai topik pembelajaran. Dalam proses ini bukan sekedar untuk mencari jawaban saja, tetapi mematik rasa ingin tahu yang lebih, sehingga muncul pemikiran dan pertanyaan menarik dari diri siswa.
Reflecting and Acting
Di tahap ke-lima, siswa akan mulai melihat topik secara luas dan detail, dengan pengetahuan yang didapat melalui pertanyaan dan pencarian mandiri. Siswa akan merefleksi proses mencari informasi dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Diharapkan dengan pengalaman yang didapat melalui tahap-tahap sebelumnya, siswa dapat menerapkan pembelajaran mereka ke konteks lain.
Sehingga terjadi hubungan antara setiap pengetahuan dan pembelajaran siswa akan bermanfaat. Tidak hanya tentang pengetahuan dan informasi yang didapat, tetapi juga siswa akan menumbuhkan keterampilan dan pemahaman setelah melalui tahapan Inquiry sebelumnya.
Evaluating
Pada tahap akhir Inquiry, siswa akan meninjau pertanyaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemaham dalam proses pembelajaran sebelumnya. Siswa akan menilai sendiri proses tersebut, lalu guru akan memberikan tambahan akan evaluasi siswa mengenai dirinya. Refleksi diri seperti ini akan menumbuhkan kesadaran siswa untuk memperbaiki diri kedepannya.
Monicka
Parenting Enthusiast - Homeschooling KITA